PERESMIAN KELOMPOK GANDENG GENDONG “SIDOTUKU” RW 08 MUJA MUJU

Program Gandeng Gendong ini pada intinya adalah suatu program dari Pemerintah Kota Yogyakarta untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Pada tahapan awal yang dilakukan adalah  strategi pemberdayaan masyarakat yaitu  strategi pengentasan kemiskinan dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Salah satu cara untuk menerapkan tujuan program Gandeng Gendong ini adalah dengan memberdayakan kelompok-kelompok kuliner yang ada di kampung dan tersebar di berbagai daerah di wilayah Yogyakarta.

Kelurahan Muja Muju melaksanakan program tersebut dengan memberdayakan masyarakat di wilayah Kelurahan Muja Muju. Masyarakat diberdayakan dengan memberikan pelatihan, memberikan fasilitas, menghubungkan dengan pihak-pihak yang berkompeten serta memberi motivasi berusaha. Salah satu kelompok masyarakat yang termotivasi adalah kelompok masyarakat di RW 008 Muja Muju. Kelompok masyarakat ini membentuk kelompok yang bergerak di bidang kuliner dengan nama “Sidotuku” setelah mendapatkan pelatihan membuat aneka masakan dan snack.

Peresmian sekaligus launching Kelompok Gandeng Gendong “Sidotuku” dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2022 di kediaman Ketua RW 008 Muja Muju. Peresmian dilakukan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo disaksikan oleh anggota Kelompok Gandeng Gendong “Sidotuku”, warga RW 008, staf Kemantren Umbulharjo, Lurah Muja Muju beserta staf. Semoga dengan adanya Kelompok Gandeng Gendong “Sidotuku” di RW 008 Muja Muju , akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga dan memotivasi warga dari wilayah lain untuk membuat kelompok pemberdayaan warga.