PENYULUHAN KOPERASI BAGI ANGOTA PKK MUJA MUJU

PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK berubah dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga pada tahun 2000. PKK merupakan wadah atau gerakan untuk mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju-mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, di PKK terdapat 10 program pokok, yaitu :
1.    Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
2.    Gotong Royong
3.    Pangan
4.    Sandang
5.    Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
6.    Pendidikan dan Ketrampilan
7.    Kesehatan
8.    Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
9.    Kelestarian Lingkungan Hidup
10.  Perencanaan Sehat
Untuk merealisasikan program-program tersebut di atas, maka dibuat kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Ada 4 (empat) kelompok kerja (Pokja) yang melakukan perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pemberdayaan dan fasilitasi 10 Program Pokok PKK secara luwes dan koordinatif. Keempat Pokja tersebut adalah:


1. POKJA I  

1.    Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
2.    Gotong Royong

2. POKJA II :

1.    Pendidikan dan Ketrampilan
2.    Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

3. POKJA III :

1.    Pangan
2.    Sandang
3.    Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
4. POKJA IV :

1.    Kesehatan
2.    Kelestarian Lingkungan Hidup
3.    Perencanaan Sehat

Pokja II bertanggungjawab pada Pendidikan Keterampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Untuk melaksanakan programmya Pokja II Kelurahan Muja Muju menyelenggarakan penyuluhan koperasi. Bertempat di Ruang Pertemuan Shinta, Kelurahan Muja Muju pada tanggal 30 Mei 2022 diselenggarakan Penyuluhan Koperasi. Dengan menghadirkan narasumber Bapak Sigit Dwinanto S.Pt., MT. dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil  Menengah, dan anggota DPRD Kota Yogyakarta Bapak Susanto Dwi Antoro.  Acara tersebut berlangsung selama tiga jam, dari pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.