RAPAT KOORDINASI KAMPUNG TANGGUH BENCANA

Kampung Tangguh Bencana (KTB) adalah kampung yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi potensi ancaman bencana. Kampung  ini juga mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana. Sebuah kampung disebut mempunyai ketangguhan terhadap bencana ketika kampung tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyaraka untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Kampung Tangguh Bencana (KTB) adalah salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. Tujuan pengembangannya untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya, dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam PRB, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok lain yang peduli.

Untuk meningkatkan kapasitas KTB yang ada di wilayah Muja muju, Kelurahan Muja Muju berencana menyelenggarakan Forum Grup Discussion (FGD) bagi personil-personil KTB. Rapat koordinasi membahas FGD diselenggarakan di posko KTB Muja Muju, Jl. Mondoliko pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022.Rapat dibuka oleh Bapak Lurah Muja-Muju, dihadiri oleh Personil KTB Muja Muju dan staf kelurahan.