WORKSHOP LANSIA MANDIRI

Lansia merupakan sebuah siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Kenyataan saat ini, setiap kali menyebut kata “Lansia” yang terbersit di benak kita adalah seseorang yang tidak berdaya, dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Padahal, Lansia sebenarnya dapat berdaya sebagai subyek dalam pembangunan kesehatan. Pengalaman hidup, menempatkan Lansia bukan hanya sebagai orang yang dituakan dan dihormati di lingkungannya, tetapi juga dapat berperan sebagai agen perubahan (agent of change) di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya dalam mewujudkan keluarga sehat, dengan memanfaatkan pengalaman yang sudah dimiliki dan diperkaya dengan pemberian pengetahuan kesehatan yang sesuai.

Makin bertambah usia, makin besar kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, spiritual, ekonomi dan sosial. Salah satu masalah yang sangat mendasar adalah masalah kesehatan akibat proses degeneratif. Penanganan kasus penyakit tersebut di atas tidaklah mudah karena penyakit pada Lansia umumnya merupakan penyakit degeneratif, kronis, multi diagnosis, yang penanganannya membutuhkan waktu lama dan biaya tinggi, sehingga akan menjadi beban yang sangat berat bagi masyarakat dan pemerintah termasuk bagi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Karena itu strategi pembangunan bidang kesehatan lebih mengutamakan promotif dan preventif dengan dukungan pelayanan kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas, termasuk dalam hal kesehatan Lansia. Lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin.

Kelurahan Muja Muju pada hari Jum’at Tanggal 22 Juli 2022, bertempat di Pendopo RW 12 dilaksanakan Workshop Lansia Mandiri dengan pemateri Dr.dr. Probosuseno, SpPD-K Ger, FINASIM, SE, MM, Kepala Klinik Geriatri RSUP dr. Sardjito Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut pemateri bukan hanya memberikan pengetahuan dan berbagi kiat agar lansia mandiri, bahagia, berguna, tetapi juga memberikan motivasi dengan bernyanyi bersama.