Lomba Kebersihan Antar Dasa Wisma di RT 46 RW 12, Dorong Lingkungan Menjadi Indah dan Nyaman

Muja-Muju,Yogyakarta – Perayaan peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun ini sangat meriah. Setelah kurang lebih 2 tahun terkendala pandemi Covid 19, perayaan kemerdekaan hanya dilakukan terbatas bahkan nyaris tidak ada.

Namun, tahun ini perayaan kemerdekaan sangat berbeda. Aktifitas masyarakat kembali menggeliat setelah sekian purnama terbatas geraknya. Beragam kegiatan dan lomba mulai dilakukan dengan normal kembali.

Pun demikian di wilayah Rt 46 RW 12 Muja Muju yang memulai perayaan kemerdekaan dengan mengadakan kerja bakti dan diakhiri dengan malam tirakatan. Ada yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini diadakan lomba kebersihan antar dasa wisma.

Lomba kebersihan ini diinisiasi oleh pengurus PKK RT yang kemudian dikembangkan di tingkat dasa wisma. Ternyata sambutan anggota dasa wisma RT 46 sangat luar biasa. Mereka bergerak dengan cepat, dimulai dengan melakukan inventarisasi kebutuhan pendukung lomba hingga bagaimana pembiayaannya.

Tentu saja hal ini sangat diapresiasi oleh pengurus RT dan PKK RT. “ Sebagai pengurus RT, tentu saja kami sangat mendukung adanya lomba kebersihan ini. Selain ikut menyemarakan peringatan kemerdekaan RI, lingkungan akan menjadi bersih dan nyaman dipandang, “ ujar ketua RT 46 Yudono Febrianto.

 

“Dengan lingkungan yang bersih akan menjauhkan dari beragam penyakit, khususnya penyakit yang disebabkan nyamuk”, tambah Antok, panggilan akrabnya.

Setelah lingkungan dibersihkan dan dihias dengan beragam properti hasilnya sangat luar biasa. Sekarang lingkungan di RT 46 sangat berbeda dengan lingkungan lain di wilayan RW 12. Beragam hiasan bendera maupun umbul-umbul memenuhi gang-gang di lingkungan RT 46.

Kebersamaan dan kegotongroyongan ibu-ibu anggota dasa wisma diakui sangat kompak. Hal itu ditegaskan oleh ketua PKK RT 46 Sapto Ari Wulandari.

“ Sangat luar biasa sekali semangat ibu-ibu dalam memperindah lingkungan gang. Tidak hanya ibu-ibu, tetapi juga bapak-bapak turut berperan dalam membantu ibu-ibu. Tanpa partisipasi dari warga semua, tidak akan tercipta lingkungan yang indah dan nyaman, “ ujar Ari.

Sebagai juaran pertama adalah Dasa Wisma Cempaka 17 yang meliputi  Jl. Mondoliko dan Gang Punowakan 2, juara ke 2 adalah Dasa Wisma Cempaka 15 yang berada di Gang Punokawan 3 dan 4 dan sebagai juara tiga adalah Dasa Wisma Cempaka 16 yang meliputi Gang Punokawan 1 dan Gang Punokawan 4.