PELAKSANAAN SHALAT ID 1444 H DI KELURAHAN MUJA MUJU

Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan di bulan Ramadhan, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri. Salah satu ibadah yang dilakukan pada hari Idul Fitri adalah melaksanakan Shalat  Id. Hukum shalat ini adalah sunnah muakkadah (sangat  dianjurkan) sejak disyariatkanya pada tahun kedua hijriah.

Shalat Id pada tahun ini terasa istimewa, karena adanya perbedaan dalam menentukan 1 Syawal 1444 H. Bagi yang menggunakan metode Hisab, 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat tanggal 21 April 2023, sedangkan yang menggunakan metode Rukyat, 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023.

Di wilayah Kelurahan Muja Muju, pelaksanaan Shalat Id dilaksanakan menurut dua tanggal tersebut. Untuk yang melaksanakan hari Jumat, Shalat Id dilaksanakan di halaman SDN Glagah, Lapangan SMAN 8 Yogyakarta, parkir barat GL Zoo dan Masjid Diponegoro Kompleks Balaikota Yogyakarta. Bagi yang melaksanakan hari Sabtu, Shalat Id dilaksanakan di lapangan SMP Pangudi Luhur dan Masjid Diponegoro Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Pelaksanaan Shalat Id di kedua hari tersebut berlangsung secara meriah, aman, tertib dan lancar.