PENGUKUHAN KTB MILIRAN

Kampung Tangguh Bencana (KTB) adalah sebuah kampung yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana. Dalam KTB, masyarakat terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan.

Melihat manfaat adanya KTB itulah, warga Kampung Miliran Kelurahan Muja Muju berinisiatif membentuk KTB. Tujuan pembentukan KTB ialah melindungi masyarakat di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat, khususnya kelompok rentan, dalam pengelolaan sumber daya untuk mengurangi risiko bencana, meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan resiko bencana,  meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan resiko bencana, meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam pengurangan resiko bencana, pihak pemerintah daerah, lembaga usaha, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyakarat (LSM), organisasi masyarakat, dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli.

Pada mulanya, KTB Miliran masih berupa KTB Rintisan. Saat masih menjadi KTB Rintisan, KTB Rintisan Miliran telah menyelenggarakan beberapa kali pelatihan kebencanaan. Pelatihan –pelatihan tersebut diterapkan saat Simulasi Bencana Gempa Bumi.

Bertempat di tempat parkir Universitas Janabadra pada hari Minggu tanggal 6 Agustus 2023, dengan disaksikan oleh Asek Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Muspika Umbulharjo, anggota Komisi C DPRD Kota Yogyakarta, Kepala BPBD Kota Yogyakarta dan Lurah Muja Muju, KTB Rintisan Miliran menyelenggarakan Simulasi Bencana Gempa Bumi yang diikuti anggota KTB dan warga masyarakat Miliran. Acara simulai ditutup dengan Pengukuhan KTB Miliran ditandai dengan penyerahan SK oleh Kepala BPBD Kota Yogyakarta.