PELATIHAN PEMBUATAN KAIN SHIBORI DI KELURAHAN MUJA MUJU

Pencelupan berkembang melalui berbagai kebudayaan di dunia, dan dipraktekan sebagai salah satu seni khusus seperti di negara Cina, Jepang, Amerika Latin dan Afrika. Shibori adalah salah satu cara pencelupan tekstil di Jepang sejak abad ke 8. Shibori merupakan teknik pencelupan kain yang meliputi jahitan, ikatan, lilitan, dijepit dan dibungkus. Teknik dasar Shibori adalah menggambar diatas kain, dan pengikatan simpul dengan ketat menggunakan benang. Setelah itu, kain dicelup dengan satu atau banyak warna. Kain dicelup beberapa kali berdasarkan pada warna yang digunakan dan motif dibuat. Shibori berasal dari Jepang, kerajinan konvensional ini dipraktekan di seluruh dunia. Tradisi Shibori telah ada di Timur Tengah dan juga di belahan benua India. Sekarang diikuti secara aktif di Cina Selatan, Afrika Barat, Indonesia, bangsa Himalaya, dan di daerah barat India. Shibori berasal dari kata benda Jepang akar Shiboru, “untuk memeras, diremas, ditekan”. Terjemahan yang paling mendekati adalah “dibentuk-tahan celup”. Teknik Shibori memberikan bentuk tiga dimensi dengan teknik melipat, meremas, jahitan, anyaman, atau mencabut dan memutar.

Kelurahan Muja Muju merupakan rintisan kelurahan budaya yang memiliki kekayaan budaya yang melimpah, salah satu yang digaungkan adalah tentang kain shibori. Pemanfaatan kain shibori dapat menjadi salah satu potensi budaya yang dapat dimaksimalkan oleh masyarakat Kelurahan Muja Muju untuk menambah nilai budaya dan juga nilai ekonomi dari kelurahan ini.

Pada hari Jum’at tanggal 11 Agustus 2023, bertempat di Pendopo Muja Muju, Kelurahan Muja Muju menyelenggarakan pelatihan pembuatan kain shibori. Pelatihan  ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah DIY dengan mengirimkan dua orang narasumber yang kompeten di dalam pembuatan kain shibori, fasilitasi bahan percontohan, konsumsi dan transport. Acara ini diikuti oleh 20 orang peserta dari mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.30. WIB. Diharapkan dengan pelatihan ini, selain memperkuat citra Kelurahan Muja Muju sebagai rintisan Kelurahan Budaya juga menambah pendapatan masyarakat di Kelurahan Muja Muju.