SOSIALISASI CEGAH STUNTING BAGI ANGGOTA POSYANDU KELURAHAN MUJA MUJU

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun

Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Sebagai upaya pencegahan terhadap stunting, DPRD Kota Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pada hari Jum’at tanggal 25 Agustus 2023 bertempat di Aula Kresna Husada, Kompleks Balaikota Timoho, Muja Muju,  menyelenggarakan acara Sosialisasi Cegah Stunting. Pada acara tersebut Kelurahan Muja Muju mengirimkan 14 peserta mewakili jumlah posyandu yang ada di Kelurahan Muja Muju.