WORKSHOP LITERASI KELUARGA

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan bahasa tulis dan lisan, pengetahuan tentang genre dan cultural.  Istilah literasi atau dalam bahasa Inggris literacy berasal dari bahasa Latin literatus, yang berarti “a learned person” atau orang yang belajar. Literasi dianggap merupakan inti kemampuan dan modal utama bagi generasi muda dalam belajar dan menghadapi tantangan-tantangan masa depan. Pembelajaran literasi yang bermutu adalah kunci dari keberhasilan generasi mendatang.

Literasi keluarga merupakan rangkaian upaya yang dilakukan dalam keluarga berkaitan dengan pengenalan keterampilan dan bahasa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kegiatan yang berkaitan dengan membaca dan komunikasi. Melalui keluarga anak sudah dikenalkan dengan bahasa dan buku sejak kecil, bahkan sejak dalam kandungan. Beberapa penelitian mengatakan, saat janin sudah mulai mendengar, itu adalah saat yang tepat untuk mulai mengajaknya berkomunikasi, dibacakan sholawat, dibacakan ayat Alquran, atau dibacakan cerita. Membangun kebiasaan melek literasi di rumah bisa dimulai dengan cara mendongeng, membacakan buku ataupun menulis. Anak yang terbiasa didongengkan atau dibacakan buku, bisa dipastikan akan tumbuh menjadi insan yang mencintai buku. Kecerdasan linguistik anak akan lebih terasah, mereka menjadi lebih komunikatif, ekspresif serta daya imajinasi anak lebih berkembang. Rasa keingintahuan anak yang besar mendorong mereka untuk mencari dan menggali lebih banyak melalui buku. Pun dengan mencontohkan kebiasaan menulis, semisal menulis agenda kegiatan sehari-hari saja akan mendorong kemampuan menulis anak-anak. ebiasaan membaca dan menulis memberikan pengaruh positif bagi tumbuh kembang anak. Mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih disiplin, serta terbiasa mencari sumber informasi yang benar. Mencetak anak yang berprestasi tersebut berarti mencetak sumber daya manusia yang unggul bagi bangsa dan siap bersaing  dengan bangsa lain.

Pengurus Jam Belajar Masyarakat Korwil Umbulharjo mengadakan Workshop Literasi Keluarga bagi warga Kelurahan Muja Muju pada hari Sabtu tanggal 26 Agustus 2023. Bertempat di Tempat Boekoe Theoteraphi, Jalan Cantel No. 324, Muja Muju, Umbulharjo dengan menghadirkan narasumber Dwi Churnia Handayani, S.Sos dari TBM Saung Pasinaon dan Fajar Nur Rohmad sebagai moderator. Acara berlangsung hingga pukul 11.30 WIB