LOMBA OLAHAN IKAN LAUT DI SUNDAY MORNING KERTO

Ikan merupakan salah satu bahan pangan hewani yang menjadi sumber protein bagi manusia. Ikan memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi.Salah satu nutrisi yang ada pada ikan yaitu omega 3. Omega 3 pada ikan dapat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Selain omega 3, ikan juga banyak mengandung omega 6, asam lemak tak jenuh omega 9, karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin,karotenoid serta DHA yang banyak dibutuhkan oleh tubuh.Mineral yang terkandung dalam ikan diantaranya adalah Ca, Mg, Zn, F, Ar, CU, K, Cl, P dan S. Ikan juga memiliki kandungan yodium sebesar 83 mikogram/100 gram ikan, yang berfungsi bagi tubuh untuk dapat mencegah penyakit yang timbul karena kekurangan yodium.

Manfaat ikan yang sedemikian besarnya, seharusnya ikan merupakan sumber pangan pilihan, akan tetapi konsumsi ikan di DIY kurang dari rerata konsumsi ikan Nasional.Konsumsi ikan nasional adalah 60 Kg per kapita per tahun, sedangkan konsumsi ikan di DIY sebesar 34, 74 Kg per kapita per tahun.

Untuk mensosialisasikan peningkatan konsumsi ikan di DIY, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menyelenggarakan Lomba Olahan Ikan Laut. Pada hari Minggu tanggal 19 November, lomba di selenggarakan di event Sunday Morning Kerto . Bertempat di jalan Kerto, Kelurahan Muja Muju, lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB. Terpilih 3 dari 12 peserta sebagai pemenang Lomba Olahan Ikan Laut. Turut mendukung acara tersebut PT. Sarihusada Generasi Mahardika, Rumah Zakat dan Swalayan Pamella.