APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor nonalam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor. Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Sadar akan potensi bencana yang bisa mengancam, Kemantren Umbulharjo menggelar apel kesiapsiagaan bencana pada hari Kamis tanggal 29 Februari 2024 pukul 16.00 WIB di Kemantren Umbulharjo. Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

Dari Kelurahan Muja Muju hadir Bapak Lurah dan Bapak Kepala Seksi Ketertiban, Ketenteraman dan Pemerintahan beserta anggota anggota dari KTB Miliran dan KTB Balirejo berikut kelengkapan KTB. Acara berlangsung hingga pukul 17.30 WIB.