PELATIHAN USAHA KULINER DI RW 08 MUJA MUJU

Pelatihan adalah pengembangan keterampilan, baik keterampilan teknik maupun non teknik yang mampu menjadikan seseorang menjadi terampil dalam bidang tertentu yang diinginkan dan mengerti tata cara dan peraturan kerja, keselamatan kerja serta diselenggarakan dalam waktu yang singkat dan lebih mengutamakan praktek daripada teori. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan wirausaha kuliner yaitu membuat makanan dan minuman yang sedang booming di masyarakat dengan tujuan untuk diperjualbelikan atau untuk kepentingan wirausaha kuliner, sedangkan peningkatan pemahaman adalah berupa pemberian materi tentang manajemen/ pengelolaan wirausaha kuliner

Wirausaha kuliner adalah salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dan hasil yang menjanjikan bagi pelaku usahanya. Wirausaha ini adalah suatu wirausaha yang bergerak dalam bidang makanan baik dalam hal pembuatan, penyajian hingga penjualan suatu produk tertentu kepada pelanggan. Seiring berjalannya waktu wirausaha kulinerpun menjadi bervariasi, seperti kuliner internasional, kuliner daerah, hingga kuliner - kuliner unik hasil kreasi pelaku usaha itu sendiri. Maraknya bisnis kuliner yang dikembangkan di berbagai tempat memaksa para pelakunya untuk mampu bersaing agar dapat bertahan, baik dalam segi produk yang ditawarkan, strategi penjualan, hingga pelayanan yang diberikan kepada para pelanggan.

Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas Pemerintah Daerah DIY menyelenggarakan Program Pelatihan melalui Mobile Training Unit. Salah satu yang diberi kesempatan mengikuti pelatihan tersebut adalah warga RW 08 Kelurahan Muja Muju Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta. Pelatihan ini dimulai pada hari Jum’at tanggal 15 Maret 2024 hingga tanggal 09 April 2024. Bertempat di Pendopo Ketua RW 08 pelatihan ini digelar dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14. 30 WIB. Dengan 5 orang instruktur dan 20 orang peserta, pelatihan ini akan membuat 168 sesuai dengan modul yang ada. Peserta dalam pelatihan ini dibagi dalam lima kelompok, dan tiap kelompoknya difasilitasi dengan bahan dan alat. Tercatat sejumlah duapuluh satu alat untuk tiap kelompoknya berikut modul untuk tiap peserta pelatihan.