PELATIHAN PEMBUATAN ECOPRINT DI KELURAHAN MUJA MUJU

Ecoprint adalah  salah satu  bentuk  karya  seni kreatif yang memanfaatkan  bahan  alam seperti daun daunan, bunga, kulit kayu, dan bahan organik lainnya dengan teknik mencetak motif pada media berserat alam. Ecoprint berasal dari kata eco atau alam dan print atau cetak. Ecoprint memiliki hubungan yang erat dengan lingkungan karena metodenya yang dirancang untuk meminimalisir dampak negatif pada ekosistem. Beberapa aspek ecoprint yang berhubungan dengan lingkungan seperti pewarna alami, meminimalkan limbah,  dan penggunaan tanaman  lokal. Teknik  ecoprint dibuat untuk  menghasilkan karya seni dengan memanfaatkan bahan yang ada di alam sebagai bahan pewarnaan dan juga sebagai motif pola. Bahan yang digunakan dalam ecoprint yaitu kulit batang, daun, akar, buah, dan bunga dari tumbuh-tumbuhan  . Teknik  ini  merupakan  salah  satu  dukungan  untuk pertumbuhan  dunia  Pendidikan  dan  industri, sehingga  dapat  menambah  ilmu  pengetahuan dalam menunjang keadaan  ramah lingkungan  .  Teknik  ecoprint  juga bertujuan untuk  menghasilkan  produk  dengan  nilai  jual  cukup  tinggi  yang  pelaksanaannya  memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar. Ecoprint adalah  salah satu  bentuk  karya  seni kreatif yang memanfaatkan  bahan  alam seperti daun daunan, bunga, kulit kayu, dan bahan organik lainnya dengan teknik mencetak motif pada media berserat alam. Ecoprint berasal dari kata eco atau alam dan print atau cetak. Ecoprint memiliki hubungan yang erat dengan lingkungan karena metodenya yang dirancang untuk meminimalisir dampak negatif pada ekosistem. Beberapa aspek ecoprint yang berhubungan dengan lingkungan seperti pewarna alami, meminimalkan limbah,  dan penggunaan tanaman  lokal. Teknik  ecoprint dibuat untuk  menghasilkan karya seni dengan memanfaatkan bahan yang ada di alam sebagai bahan pewarnaan dan juga sebagai motif pola. Bahan yang digunakan dalam ecoprint yaitu kulit batang, daun, akar, buah, dan bunga dari tumbuh-tumbuhan  .  Teknik  ini  merupakan  salah  satu  dukungan  untuk pertumbuhan  dunia  Pendidikan  dan  industri, sehingga  dapat  menambah  ilmu  pengetahuan dalam menunjang keadaan  ramah lingkungan  .  Teknik  ecoprint  juga bertujuan untuk  menghasilkan  produk  dengan  nilai  jual  cukup  tinggi  yang  pelaksanaannya  memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar.

Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan ecoprint yang dilakukan kepada ibu rumah tangga bertujuan untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam ekonomi lokal. Selain itu, peningkatan ekonomi lokal khususnya juga sangat penting bagi kebutuhan masyarakat. Potensi bahan alami yang dimiliki warga di Kelurahan Muja Muju ini banyak untuk bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Ecoprint merupakan teknik pencetakan warna dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dedaunan yang mengandung pigmen warna. Pemanfaatan ecoprint sebagai peluang usaha masyarakat terutama untuk ibu rumah tangga bisa menjadi potensi yang tinggi, karena ecoprint memiliki nilai seni jual yang sangat tinggi.

Kelurahan Muja Muju menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 Mei 2024. Pelatihan ini diampu oleh 4 narasumber dengan peserta pelatihan sebanyak 30 orang ibu rumah tangga.