GELAR KARYA SDN BALIREJO

Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta, dan budi nurani). Pendidikan juga merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita atau tujuan pendidikan, isi, sistem, dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga tersebut meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Seni atau juga dalam arti luas sering disebut kesenian, mencakup makna yang terkait dengan wujudnya, baik sebagai kebudayaan idel, sistem sosial dalam bentuk aktivitas perilaku berpola, atau juga benda-benda hasil karya manusia. Seni juga hadir dalm bentuk aktivitas berpola ketika manusia berinteraksi, atau berkomunikasi berkenaan dengan keindaha, yang pada asasnya mencakup aktivitas kreatif dan aktifitas apresiatif.

SDN Balirejo mengapresiasi kreativitas murid-murid dengan cara menyelenggarakan Gelar Karya  dengan tema Kolaborasi Kreasi Sebagai Penguat Potensi Diri. Acara tersebut diselenggarakan di SDN Balirejo pada hari Rabu tanggal 12 Juni 2024 dengan pembukaan oleh Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Para murid dari berbagai kelas menunjukkan kreativitasnya. Bukan hanya murid SDN Balirejo saja, tetapi beberapa murid TK menunjukkan bakat seninya. Acara tidak hanya menampilkan kesenian saja, tetapi juga stand-stand mewakili masing-masing kelas dan stand Sioux, sebuah organisasi pecinta reptile yang juga mengedukasi siswa tentang penanganan ular.