PELATIHAN PERENCANAAN DALAM PENGOLOLAAN EVENT ORGANIZER

Perencanaan berasal dari kata rencana,yang artinya rancangan atau rangka sesuatu yang akan dikerjakan. Dari pengertian sederhana tersebut dapat diuraikan beberapa komponen penting , yakni tujuan (apa yang ingin dicapai), kegiatan (tindakan-tindakan untuk merealisasikan tujuan) dan waktu (kapan bilamana kegiatan tersebut hendak dilakukan). Apapun yang direncanakan tentu saja merupakan tindakan-tindakan dimasa depan (untuk masa depan). Dengan demikian suatu perencanaan bisa dipahami sebagai respon (reaksi) terhadap masa depan. Perencanaan ialah perumusan tujuan prosedur, metode dan jadwal pelaksanaannya, didalamnya termasuk ramalan tentang kondisi dimasa akan datang dan perkiraan akibat dari perencanaan terhadap kondisi tersebut. Keberhasilan pencapaian tujuan perencanaan jangka pendek atau jangka panjang maupun jangka menengah membutuhkan kemampuan jenis-jenis lain dari perencanaan, selain harus memiliki tingkat pengalaman, pengetahuan, dan institusi yang baik, perencanaan perumusan yang sistematis. Perencanaan dilaksanakan di setiap hal, begitu pula dengan Event Organizer.

Karang Taruna Kelurahan Muja Muju telah menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Event Organizer pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 dengan peserta sebanyak 25 orang. Sebagai implementasi dari pelatihan tersebut, Kelurahan Muja Muju memberi kesempatan kepada para peserta pelatihan untuk menggarap event Gebyar Literasi Kelurahan Muja Muju yang diselenggarakan pada bulan September 2024.

Bertempat di Ruang Shinta Kelurahan Muja Muju pada hari SeninĀ  tanggal 22 Juli 2024, para peserta Pelatihan Pengelolaan Event Organizer berlatih membuat perencanaan untuk acara Gebyar Literasi Kelurahan Muja Muju. Acara ini diikuti oleh 16 peserta yang berlangsung dari pukul 15.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Pelatihan ini mendapat supervisi langsung dari Kelurahan Muja Muju.